Rabu, 10 Maret 2021

 

PUBLIC SPEAKING FOR TEACHER

Pertemuan ke-13: Selasa, 16 Februari 2021

Waktu                 : pukul 19 00 – 21.00 WIB

Pemateri             : Dudung Abdul Qodir

Topik                  : Public Speaking for Teacher

Peresume            : Sri Budi Handayani

                             (sribudismansa65@gmail.com)

 

TEKNIK BICARA DI DEPAN PUBLIK

              Guru sebenarnya memiliki kemampuan berbicara, Kunci pembelajaran adalah interaksi .Komunikasi  penting , kemampuan berbicara penting .Menurut Mahatma Gandi bahwa Ramah tamahlah  dalam bertutur kata dalam berbicara mewujudkan keyakinan Ramah tamahlah dalam berpikir mewujudkan sebuah kedamaian,dan Ramah tamahlah dalam memberi mewujudkan cinta  kasih sayang.

              Komunikasi yang baik dibangun lima:hal, yaitu (1)Banyak mendengarkan (2)Tidak banyak menghakimi, (3) sabar, (4) komunikasi verbal dan nonverbal ,(5) mengedepankan cinta.Seorang komunikan yang baik mampu menggetarkan para pendengarnya.Guru yang baik yang mengerti siswanya.

              Public speaking adalah memberikan speech face to face kepada audiens langsung. Namun karena evolusi berbicara di depan umum, secara modern dipandang sebagai segala bentuk berbicara  (secara formal dan informal) antara audiens dan pembicara. Secara tradisional  public speaking  dianggapsebagai bagian dari senipersuasi . Tindakan ini dapat mencapai tujuantertentu termasuk untuk menginformasikan, membujuk, dan menghibur. Selain itu, metode, struktur, dan aturan yang berbeda dapat digunakan

              Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pihak lain yang kadang terhambat .Yang mengganggu apa? Adalah persepsi. Ilmupengetahuan, pengalaman, dan ideologi.

Efektif efisien komunikasi adalah

1.Komunikasi efektif adalah apa yang disampaikan sesuai dengan yang diterima

 Efektifitas itu perbandingan antara harapan dan kenyataan.Harus mengecek persepsi

2.melatih komuniasi verbal

3.melatih komunikasi nonverbal ( gerak tubuh, ekspresi) percaya diri dibangun dengan 

   mempersiapakan mental.Penutur yang baik adalah  pendengar yang baik, pendengar

   yang baik adal pembaca yang baik, pembaca yang baik adalah penulis yang baik

4.berbicara dengan jelas

5.mendengarkan dengan jelas

6.melontarkan topik yang menarik

7.kontak mata yang lama

8.tunjukkan rasa simpati,empati, jauhi egosentris, preyudis,dan steorotip,

9.mampu menempatkan diri sesuai kondisi dan situas.Contoh, kenali budaya, filosofi

             Manfaat komunikasi antara lain, (1) pesan tersampaikan dengan baik, (2) pesan dierima sesuai dengan yang kita sampaikan,(3) mengurangi terjadi kesalahpahaman (kurangi persepsi yang salah, terjadi salah komunikasi),( 4) konflik dan persoalan bsa selesai ,(5) pengembnagn prinsip pemimpin, dan (6) hubungan  terjalin erat / good filling.

Ingatlah!

   Kalau hari ini merasa benar sebetulnya kita tidak benar,

   Kalau hari ini merasa hebat sebetulnya kita tidak hebat

   Kalau hari ini merasa super sebetulnya kita tidak super

   Kalau hari ini kita bahagia sesunggunya kita semua bahagia

   Orang hebat /cerdas ketika ada masalah tapi orag masalah mencari solusi

   Orang hebat itu ketika ada masalah cari solusi

   Orang  yang mau belajar ,kooperatif bukan konfrontatif

          Strategi komunikasi adalah (1) Tunjukkan sikap simpati, (2).Ada tone, gaya /body language, (3.) konten positif bukan konten negative, (4) transparan dan jelas,dan (5) selalu up to date / berburu ilmu.Tiga hal transformasi secara sisteik, budaya, dan holistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar