PUBLIC SPEAKING FOR TEACHER
Pertemuan ke-13: Selasa, 16
Februari 2021
Waktu : pukul
19 00 – 21.00 WIB
Pemateri
: Dudung Abdul Qodir
Topik
: Public
Speaking for Teacher
Peresume
: Sri Budi Handayani
TEKNIK
BICARA DI DEPAN PUBLIK
Guru sebenarnya
memiliki kemampuan berbicara, Kunci pembelajaran adalah interaksi .Komunikasi penting , kemampuan berbicara penting .Menurut
Mahatma Gandi bahwa Ramah tamahlah dalam
bertutur kata dalam berbicara mewujudkan keyakinan Ramah tamahlah dalam berpikir
mewujudkan sebuah kedamaian,dan Ramah tamahlah dalam memberi mewujudkan
cinta kasih sayang.
Komunikasi
yang baik dibangun lima:hal, yaitu (1)Banyak mendengarkan (2)Tidak banyak
menghakimi, (3) sabar, (4) komunikasi verbal dan nonverbal ,(5) mengedepankan
cinta.Seorang komunikan yang baik mampu menggetarkan para pendengarnya.Guru
yang baik yang mengerti siswanya.
Public
speaking adalah memberikan speech face to face kepada audiens langsung. Namun
karena evolusi berbicara di depan umum, secara modern dipandang sebagai segala
bentuk berbicara (secara formal dan
informal) antara audiens dan pembicara. Secara tradisional public speaking dianggapsebagai bagian dari senipersuasi .
Tindakan ini dapat mencapai tujuantertentu termasuk untuk menginformasikan,
membujuk, dan menghibur. Selain itu, metode, struktur, dan aturan yang berbeda
dapat digunakan
Komunikasi adalah proses
penyampaian pesan dari pihak lain yang kadang terhambat .Yang mengganggu apa?
Adalah persepsi. Ilmupengetahuan, pengalaman, dan ideologi.
Efektif efisien komunikasi adalah
1.Komunikasi efektif adalah apa yang disampaikan sesuai
dengan yang diterima
Efektifitas itu
perbandingan antara harapan dan kenyataan.Harus mengecek persepsi
2.melatih komuniasi verbal
3.melatih komunikasi nonverbal ( gerak tubuh, ekspresi)
percaya diri dibangun dengan
mempersiapakan
mental.Penutur yang baik adalah pendengar yang baik, pendengar
yang baik adal pembaca
yang baik, pembaca yang baik adalah penulis yang baik
4.berbicara dengan jelas
5.mendengarkan dengan jelas
6.melontarkan topik yang menarik
7.kontak mata yang lama
8.tunjukkan rasa simpati,empati, jauhi egosentris, preyudis,dan
steorotip,
9.mampu menempatkan diri sesuai kondisi dan situas.Contoh,
kenali budaya, filosofi
Manfaat
komunikasi antara lain, (1) pesan tersampaikan dengan baik, (2) pesan dierima sesuai
dengan yang kita sampaikan,(3) mengurangi terjadi kesalahpahaman (kurangi
persepsi yang salah, terjadi salah komunikasi),( 4) konflik dan persoalan bsa
selesai ,(5) pengembnagn prinsip pemimpin, dan (6) hubungan terjalin erat / good filling.
Ingatlah!
Kalau hari ini merasa
benar sebetulnya kita tidak benar,
Kalau hari ini
merasa hebat sebetulnya kita tidak hebat
Kalau hari ini
merasa super sebetulnya kita tidak super
Kalau hari ini
kita bahagia sesunggunya kita semua bahagia
Orang hebat /cerdas ketika ada masalah tapi
orag masalah mencari solusi
Orang hebat itu ketika ada masalah cari solusi
Orang
yang mau belajar ,kooperatif bukan konfrontatif
Strategi
komunikasi adalah (1) Tunjukkan sikap simpati, (2).Ada tone, gaya /body
language, (3.) konten positif bukan konten negative, (4) transparan dan
jelas,dan (5) selalu up to date / berburu ilmu.Tiga hal transformasi secara
sisteik, budaya, dan holistik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar