Selasa, 12 Mei 2020

BERANI MENJADI HEBAT


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan 10           :  Selasa, 12 Mei 2020
Waktu                       : 13.00 – 15.00
Pemateri                  :  Arif Darmadiansah, S.Pd., Gr
Moderator                :  Om Bam
Tema                       ; Berbagi Pengalaman Mengenai Inovasi Pembelajaran di Ajang
                                  Nasional
Peresume               :  Sri Budi Handayani
                                  Sribudihandayani.blogspot,com





Sebagai guru di daerah terpencil tapi berprestasi. Tentu saja sangat menginspirasi kita semua.Mula-mula hanya ingin memperbaiki pembelajaran tapi akhirnya mendapat penghargaan. Langkah Pak Arif sangat cerdas. Tidak puas hanya meraih juara 2, Pak Arif mengikuti lomba berikutnya yang dihelat oleh kesharlindung dan akhirnya mendapat juara 1.
       Bagaimana kiat-kiat yang dipersiapkan Pak Arif sampai menggondol kejuaraan tingkat nasional . Ini lomba bergensi, Apa pun lomba yang diadakan kesharlindung pasti pesertanya membludak. Karya inovasi yang dibuatnya sangat sederhana.Pertama kali mengikuti inobel tahun 2016 itu dari sebuah ide atau gagasan sederhana. pengen membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan. Selain itu kualitas pembelajaran juga kurang optimal. Dan yang utama tiada sarana prasarana yang mencukupi,  ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah atau potensi.  Dari ide kemudian dipikirkan kira-kira mampu dan bisa tidak diterapkan di sekolah dengan kondisi sekolah saya yang tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet . Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. bisa media, bahan ajar, atau lainnya ,menuliskannya menjadi sebuah karya ilmiah dan bersiap untuk mengikuti kompetisi,karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau yang saya buat pengembangan (R&D).
        Tahun 2016 itu terinspirasi dari sebuah proyektor hologram 3d,saya ingin menjelaskan invertebrata tapi anak-anak tidak punya gambaran sama sekali , biar menarik saya coba membuatnya,pertama terbuat dari mika tutup CD bekas itu, yang dibentuk seperti prisma sebagai tempat hologramnya dan hp android sebagai penayang video atau gambarnyamika cd saya dapet dari temen guru, bekas atau bisa disebut limbah ,namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30rbu seukuran kertas A4, namun setelah lolos masuk finalis saya ganti menjadi akrilik. Beli di toko harganya 30rbu seukuran kertas A4,tampilannya lebih jelas, gambarnya juga detail tidak kusam. saya menggunakan metode pengembangan atau RnD dalam penelitiannya,setelah produk jadi saya nilaikan ke pengawas sekolah hasilnya valid. Atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran,setelahnya saya ujicobakan ke anak dan mendiseminasikan ke teman guru lain, hasil yang didapar minat dan hasil belajar anak meningkat
       Tahun 2018, sudah punya gambaran dan pengalaman sebelumnya. Jadi lebih siap dengan apa yang harus dilakukan.media ini saya kasih Millea : Mikroskop lensa laser tenaga surya dapet ide juga saat mau pembelajaran struktur tumbuhan. Tidak ada mikroskop untuk pengamatan,padahal biologi 40 persen praktek di lab yang membutuhkan alat salah satunya mikroskop,media ini juga sederhana,hanya hp yang ditambahi lensa laser bekas mainan anak-anak yang biasa dipakai untuk sorot-sorot itu,sehingga perbesarannya bertambah,sudah cukup untuk dapat melihat struktur anatomi tumbuhan. walaupun belum maksimal namun ada hal baru yang anak dapat, Dari 2 ide itu, saya beruntung mendapatkan nomor juara,Mungkin kasian melihat saya guru kampung yang jauh-jauh datang ke Ibukota untuk belajar, Dari awal niatnya hanya buat belajar, bukan ikut berkompetisi. Tahun 2108 yang berencana untuk ikut ambil bagian. Dan sisanya bonus saja,Dapat berkenalan dengan teman guru se Indonesia, karena tidak menyangka saja, saya yang biasa di hutan bisa berada di tengah-tengah mereka. Mungkin itu bapak ibu hebat yang dapat saya bagikan mengenai pengalaman mengikuti lomba inobel
          Pesan singkat Pak Arif, janganlah ragu untuk selalu berinovasi demi kemajuan pendidikan di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar