Senin, 18 Mei 2020

Menciptakan Pola Pembelajaran Efektif dari Rumah


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan           :  Senin, 18Mei 2020
Waktu                   : 13.00 – 15.00
Pemateri               :  Wijaya Kusumah / Omjay
Tema                    :  Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah
Peresume              :  Sri Budi Handayani
                                  Sribudihandayani.blogspot,com
      Saat belajar di rumahbaik siswa maupun guru harus senang.Pembelajaran di rumah bisa berlangsung jika akses internet lancar. Ada empat istilah yang perlu dijabarkan yaitu pola, menciptakan, pembelajaran, efektif dan rumah.
       Pola  menurut KBBI adalah suatu sistem kerja atau cara kerja sesuatu, sedangkat menurut  antropologi pola adalah rangkaian unsur-unsuryang sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contohdalam menggambar atau untuk mendeskripsikan gejala itu sendiri.
       Menciptakan adalah membuat suatu yang baru dari yang belum ada sampai ada dari sesuatu yang benr-benar tercipta karena kondisi yang dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan tekonologi yang ada.
        Efektif bisa diartikan sebagai suatu yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan . Pengertian efektif adalah suatu usaha yang dilakukan tak kenal lelah  sebelum harapan yang dinginkan belum tercapai.
         Rumah adalah salah satu bangunan tempat tinggal dalamj angka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan kenyamanan bagi yang menempati rumah tersebut. Ada ungkapan yang menyatakan rumahku surgaku
         Berdasarkan definisi-definisi di atas pola belajar efektif dari rumah dapat diartikan sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan  untuk melakukan perubahan  tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat yang nyaman agar dihasilkan  sesuai yang diharapkan . Pembelajaran harus menyenangkan semua.
         Dengan demikian siswa yang melakukan polabelajar yang efektif dari rumah dapat membuat rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan , penjadwalanyang berlangsung terus-menerus di dalam rumah. Jadwal ini harus diikuti secara konsisten,disiplin , dan terjadwal.Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana belajar yang membuat nyaman bagi siswa. Penjadwalan dapat dijadikan patokan untuk melakukan kegiatan belajar di antaranya dengan membuat jadwal dari bangun tidur sampai tidur lagi.
         Kalau anak-anak sudah terbiasa membuat jadwal pembelajaran dari rumah  seperti halnya home scholling maka mereka dilatih untuk mandiri mencoba mencari pengetahuan sendiri dari internet, tentu dibutuhkan pendamping dalam hal ini  orang tua yang selalu mengawasi anak-anaknya  di rumah dan guru memalajar menjadi menyenangkan.ntau dari rumah masing-masing dengan menhubungi orang Tanya melalui wa grup,
          Guru dan orangtua bisa bekerja sama dalam membuat jadwal yang disesuaikan  dengan selera siswa  yang  penting konsisten. Siswa akan terbiasa dengan pola yang sudah terjadwal.Perubahan tingkah laku  siswa sesuai dengan yang diharapkan. Inilahyang disebut dengan belajar. Rumah dapat dirancang sedekian rupa agar siswa merasa nyaman . bisa dilakukan selonjoran atau ada meja yang dikhususkan belajar. Hal ini yang membuat suasan pembelajaran menjadi menyenangkan..Siswa merasa nyaman tetap belajar dari rumah.
         Dengan terbiasa melakukan pembelajaran yang terjadwal , siswa yang biasa menggunakan jadwal  dia harus melaksanakan hari ini sehingga perbedaa sehingga siswa patokan hari ini melaksankan susuatu yang berarti , siswa yang tidak malakukanpenjdwalan  akan kurang Perubahan tingkah laku dari pembelajarn. Hal ini diperoleh hasil penilaian yang dilakukan guru itu .Oleh Karen aitu peserta didik harus terbiasa dengan kegiatan rutin hariannya yang terpola aar efektif  dalam belajar siswa harus terbiasa membaca buku referensi. Hal ini untuk menmbah pengetahuan tambahan
         Menciptakan pola belajar efektif dari rumah harus direncanaan oleh guru dari rumah. Anak-anak harus didiplin..Efektifatas belajar anak-anak harus konsisten disiplin menepati jadwalnya    .siswa yang terbiasa degan penjadwalan di rumah  akan mengalami perubahan tingkah laku .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar