Selasa, 05 Mei 2020

Walau Sibuk, Tetaplah Menulis


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan 6  :  Selasa, 5 Mei 2020
Waktu            :  13.00 – 15.00
Pemateri        :  Much. Khoiri /Pak Emcho
Tema             ;   Menulis dalam Kesibukan
Peresume      :  Sri Budi Handayani
                          Sribudihandayani.blogspot,com

WALAU SIBUK, TETAPLAH MENULIS
                Banyak alasan yang dikemukan orang bahwa kesibukan itulah yang  menyebakan dia tidak bisa berbuat banyak, Tapi sejatinya kitalah yang tidak bisa menyiasati kesibukan . Dalam manajemen kesibukan, selamanya kesibukan itu bersama kita, jadi bersikaplah positif menghadapi kesibukan sehingga aksi yang ditimbulkan  positif, Jangan menyerah pada kesibukan sampai kita dapat menikmati kesibukan tersebut. Ingatlah  penulis sejati akan mencurahkan daya dan pikirannya untuk menghasilkan tulisan. Baginya menulis sama wajibnya dengan membaca.
              Mengapa harus menulis?Karena dengan menulis akan abadi dan menyejarah dalam hidup kita. Menulis itu berkomunikasi dengan pembaca, jadi materi harus sesuai dengan kebutuhan  pembaca. Pengorganisasian  tulisan harus baik.Bahasa yang digunakan harus komunikatif  Dengan begitu pesan bisa sampai kepada pembaca jika bahasa yang digunakan bahasa yang mudah dicerna pembaca.
              Untuk menyiasati kesibukan memerluka 17 strategi jitu antara lain (1)Tetapkan niat menulis, (2)Rajinlah membca, (3)Gunakan alat perekam,(4) Kobarkan inspirasi, (5)Tentukan waktu utama menulis,(6) Bagi pemula,menulis bebas,(7) Menulis dalam hati,(8) Menulis di waktu utama,(9) Memanfaatkan waktu luang,(10) Menulis yang dialami (11)Menulis yang dirasakan (12) Menulis selaras minat dan pekerjaan (13) Menulis dengan riang, (14) Menulis banyak ,(15)Read better ,write faster,(16)Buatlah motto yang dahsyat  dan 17.Menulis dengan doa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar