Jumat, 22 Mei 2020

Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi di HP


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan           :  Jumat,  22 Mei 2020
Waktu                   : 13.00 – 15.00
Pemateri               : Prof.Deni Darmawan
Tema                    :  Membuat Siaran Televisi Pendidikan Lewat Aplikasi di HP
Moderator             :  Ibu Fatimah ( Aceh)
Peresume             :  Sri Budi Handayani
                                Sribudihandayani.blogspot,com

 

          Kehadiran Prof. Deni Darmawan , di kelas menulis Omjay pada 22 Mei 2020 memberi warna baru dalam dunia menulis.Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat itu mengatakan bahwa membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi android bisa  bahkan bisa membuat siaran TV sendiri. Apalagi sebagai pendidik ,jika kita bisa membuat siaran TV sendiri maka semua kegiatan bisa  kita liput dan manfaatnya sekolah lebih dikenal oleh kalangan internkhususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Mari kita simak penjelasan Beliau tentang TVUPI.
        TVUPI yaitu televisi digital yang diluncurkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ,Selasa .28 April 2020. Meskipun TVUPI dikelola oleh universitas, masyarakan luas bisa berartisipasi dalam memberikan tayangan yang bertema pendidikan sesuai dengan tujuan pembuatannya mengedepankan tri darma pendidikan.TVUPI tidak berorientasi profit. TVUPI yang berbasis digital akan ditayangkan di  laman http://humas.upi.edu/ selain itu  TVUPI bisa diakses di media social dank anal youtube UPI. Hal   yang membedakan TVUPI dengan TV digital lain, yakni masyarakat bisa berpartisipasi mengirimkan tayangan bahkan berpartisipasi melakukan siaran langsung.
         Adapun langkah-langkahnya  (1) mengunduh aplikasi ,(2) menginstal , dan (3) menggunakan aplikasi untuk siaran. Baiklah penjelasan masing-masing langkah sebagai berikut
1.Kita menginstal aplikasi wowza Gocoder di android dan IOS . Silaka Bapak /Ibu bisa mengunduh di tautan http://humas.upi.edu/upi-tv/.
2.Setelah diunduh , silakan masuk ke langkah berikutnya yaitu langkah kedua menginstal hingga selesai.
3.Terakhir mengkoneksikan Wowza Streaming Cloud dan Wowza Streaming Engine dan pada menu host atur server ke ip 51.77.118.20 dan Port 1935


Demikian resume kelas  online ini semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar