Rabu, 06 Mei 2020

RAHASIA MENGUKIR SEJARAH


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan 7   : Rabu, 6 Mei 2020
Waktu              : 13.00 – 16.00
Pemateri         : FARRAH DINA,M.Sc.
Topik               : TERBITKAN BUKUMU CATATKAN SEJARAH
Peresume       : Sri Budi Handayani
                         Sribudihandayani.blogpsot.com

RAHASIA MENGUKIR SEJARAH
        Setiap manusia pasti ingin dikenang dalam sejarah dan yang bisa kita tinggalkan adalah buku.Menerbitkan buku salah satu jalan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan  agar abadi sepanjang masa.
       Membaca buku sama saja berbicara dengan orang-orang bijak di masa lalu. Yang paling penting kita menulis .Jika tulisan itu baik dan  menjawab apa saja yang dibutuhkan pembaca, pasti diterbitkan. Sekarang bagaimana memulai menulis kemudian mengasahnya menjadi mutiara berlian yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.Rahasianya menulis dengan menerapkan 4 R yaitu (1) renjana, (2) rutin, (3) review, dan (4) ruang bagi pembaca.
      Menentukan renjana atau passion kita sangat penting.Sesuatu yang sangat menarik dan dikuasai dengan baik akan mudah ditulis. Selanjutnya melakukan secara rutin baik menulis maupun membaca. Membaca yang sesuai dengan genre yang akan ditulis. Sediakan waktu dan tempat secara khusus.Catat dan rekam detail-detailnya dan menuliskannya..Ada nasihat bahwa memendam saja tidak menuliskannya berarti kalah dengan yang mengungkapkan.Sedangkan menunggu itu akan kalah dengan yang melakukan.Untuk pertama kalinya, menulis saja, mengalir. Setelah itu lihatlah yang dibutuhkan pembaca.Jangan lupa  membagi tulisan ke berbagai media sosial agar mendapat tanggapan baik positif maupun negatif tentang tulisan kita,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar