Senin, 04 Mei 2020

SUKSES MENULIS DAN MENERBITKAN KARYA


BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan 5  :  Senin, 4 Mei 2020
Waktu            :  13.00 – 15.00
Pemateri        :  Ukim Komarudin
Peresume      :  Sri Budi Handayani
                          Sribudihandayani.blogspot,com

SUKSES MENULIS DAN MENERBITKAN KARYA
           Menulis adalah dunia yang telah digelutinya. Menulis adalah kebutuhan, jika tidak dilakukan seperti ada sesuatu yang hilang.Bagi Om Ukim menulis apa adanya dan menulis apa saja sangat penting.Menulis dengan jujur .sejujurnya, menulis tentang beragam kegiatan yang dilakukan sehari-hari nyatanya memang lebih mudah.
          Berawal dari tanggapan teman tentang tulisannya , Om Kim akan membukukan tulisan tersebut. Buku"Menghimpun yang berserak" akhirnya terbit .Prosesnya cukup panjang sampai akhirnya naik cetak.
          Untuk itu naskah melewati editor dulu  maka proses "menjadi" memang mengalami banyak hal. Ada bagian gambar sampul, ilustrasi, foto jika diperlukan, tata letak, dan lainnya. Bila sudah jadi langkahnya yaitu pertama kita menerima buku pribadi, lebih kurang jumlahnya lima buku. Buku tersebut berstempel tidak diperjual belikan. Kedua, teknis launching Buku "Menghimpun yang Berserak". Agar buku laku. Ketiga,  penerbit menerbitkan jumlah yang diterbitkan pada penerbitan pertama ini dan kurang lebih 6 bulan  penulis akan mendapat royaltinya.Sesudahnya kita bisa berupaya agara buku kita banyak dinikmati orang lain dengan cara  menjual sendiri buku tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar