BELAJAR MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan :
Kamis, 21 Mei 2020
Waktu : 13.00 – 15.00
Pemateri : Paman Apiq
Tema : Dari Blogger menjadi youtuber dan Mendapat
Jutaan Hanya dari
Rumah
Peresume :
Sri Budi Handayani
Sribudihandayani.blogspot,com
Perjalanan meraih kesuksesan Paman
Apiq sebagai youtuber tidak serta merta tetapi melalui sebuah proses panjang.
Dimulai tahun 2008 Paman Apiq mulai berselancar di dunia maya sebagai blogger
(cek: APIQQUANTUM.COM ). Tahun 2012 aktif sebagai youtuber (cek:
youtube.com/pamanapiq dan youtube.com/edujiwa). Semua canel tersebut membahas
pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.
Memang jadi youtuber lebih menggoda
karena penghasilan dolar otomatis masuk rekening..Taksiran penghasilan 1 canel
saya di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan.Berbagi ilmu matematika sambil
dapat bonus dolar. Begini tips jadi blogger dan youtuber menurur Paman Apiq
1. Gunakan
program gratis. Misalnya saya pakai wordpress dan youtube
2. Kembangkan
konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis
matematika.
3. Pelajari
statistik u improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yg
berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
Ikutilah kisah
selengkapnya berikut
Di balik sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB
ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Ia
membuka kursus matematika bernama APiQ (Aritmatika Plus Inteligensi Quantum).
Ia kemudian memilih kanal Youtube untuk menyebarkan virus cinta matematika. Dan
sejak membuka Youtube Channelnya di tahun 2008, jutaan penonton telah menikmati
pelajaran matematika yang mudah dan menyenangkan.
Agus Nggermanto, kini akrab dipanggil Paman APiQ oleh siswa-siwa
yang belajar matematika dengan metode APiQ. Sebelum muncul karakter Paman APiQ,
para siswa itu memanggilnya dengan istilah beragam, Pak Agus, Mas Agus, Kak
Agus, Om Agus, Pak Angger, Mas Angger, dan lain-lain. Karakter Paman APiQ
muncul seirama dengan hadirnya 3 karakter anak kandung matematika, yaitu Al,
Geo, dan Meti. Masing-masing karakter anak lucu ini mewakili cabang matematika
Aljabar, Geometri, dan Aritmetika.
Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi
konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan
dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika
dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi
memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode
APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak
yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang
rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008.
Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk
membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.
Agus sudah menjadi guru sejak sekolah menengah dengan mengajar
di kelompok-kelompok belajar siswa SMA yang merupakan teman-teman sendiri.
Ketika kuliah di ITB, Agus juga sambil mengajar di lembaga bimbingan belajar
untuk tingkat SMA, SMP, dan SD, serta menjadi asisten dosen di kampus ITB
sendiri. Selanjutnya, ia mengajar di sekolah formal tingkat SMA dan perguruan
tinggi. Kesulitan yang sering ia temukan kala itu adalah banyak siswa yang
tidak menguasai konsep matematika bahkan dengan konsep yang paling sederhana
sekalipun. Maka ia pun terus berinovasi untuk menemukan cara-cara belajar
matematika yang lebih memudahkan siswa menguasai matematika. Dari sanalah benih
APiQ terus berkembang maju.
Setelah menemukan metode APiQ, Agus lalu memulai membuka kursus
APiQ dengan modal sendiri dan bekerja sama dengan beberapa rekan. Kelas kursus
APiQ berawal dari kota Bandung, kemudian menyebar ke Jakarta dan tempat-tempat
lain di Indonesia. Keunggulan utama APiQ adalah menjadikan siswa senang belajar
matematika dengan cara mudah dan cepat. Banyak anak yang awalnya takut dengan
matematika menjadi senang dengan metode APiQ. Banyak juga anak yang berhasil
meraih nilai matematika 100 setelah ikut APiQ. Bahkan nilai 100 ini juga
berimbas ke pelajaran lain semisal IPA dan Bahasa.
Di APiQ Agus juga mengembangkan game matematika
orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak
dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal
ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan
memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi
jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus
7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang
rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para
siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat.
Agus mengaku, sejak kecil ia sudah menyukai matematika. Tetapi
matematika sering menjadi korban fitnah, dianggap sebagai mata pelajaran paling
sulit dan menakutkan. Dan menurut Agus, kesan menakutkan pada matematika itu
bisa hilang bila siswa atau orangtua dapat langsung mengalami asyiknya belajar
matematika seperti di APiQ. Bahkan kini, banyak orang dewasa yang mengatakan,
mengapa mereka tidak mengenal APiQ dari dulu. Jadi, sambung Agus, kita tidak
bisa menghapus firnah matematika menakutkan hanya dengan kata-kata manis saja.
Tapi perlu memberikan bukti pengalaman nyata. Dan itulah yang ia kerjakan di
APiQ. Kini, banyak anak-anak dan orang dewasa yang sudah mencicipi asyiknya
matematika yang akhirnya membuat mereka ketagihan. Di APiQ, rumus-rumus tidak harus
dihafalkan dengan sulit. Siswa di APiQ justru sering dengan gembira berhasil
menemukan rumus sendiri yang bagi mereka lebih mudah menghafalnya. Tetapi yang
lebih penting adalah siswa-siswa itu bisa mengikuti proses belajar matematika
dengan pemahaman penuh gairah di APiQ.
Menurut Agus, memang banyak yang salah dengan pengajaran
matematika saat ini, sehingga menempel fitnah matematika itu menakutkan. Tetapi
kita tidak cukup menyalahkan pihak lain. Namun perlu berpartisipasi dari titik
berangkat masing-masing. Misalnya dengan mengeluarkan metode APiQ, ia bisa
berpartisipasi dengan mengenalkan cara belajar matematika yang asyik dan
kreatif untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan pra sekolah. Paman APiQ juga
menyelanggarakan pelatihan seminar matematika kreatif untuk para guru dan orang
dewasa. Pemerintah pun, dirasa Agus, juga perlu menyempurnakan kurikulum yang
lebih tepat untuk generasi Indonesia. Para pelaku pendidikan juga perlu terus
berkreasi untuk memperbaiki pendidikan matematika di Indonesia. Dan Agus mengatakan,
APiQ siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memajukan Indonesia.
Kini Agus memilih media Youtube untuk memberikan edukasi, karena
ia menganggap media Youtube merupakan media belajar matematika yang efektif dan
efisien. Siswa menjadi mudah memahami konsep matematika kreatif APiQ melalui
video multimedia Paman APiQ atau www.youtube.com/agusyes. Hal ini karena video
multimedia dilengkapi dengan gambar, tulisan, suara dan gerakan atau animasi. Siswa
juga dapat melakukan interaksi tanya jawab bersama Paman APiQ. Video pertama
Agus unggah sekitar tahun 2008. Waktu itu masih sepi pengunjung. Tapi sekarang
sudah ramai. Tanggapan pertama saat video dirilis masih biasa-biasa saja.
Mungkin, menurut Agus, di tahun 2008 itu akses internet di Indonesia belum
mudah. Tetapi sekarang tanggapan video APiQ oleh masyarakat sangat bagus. Trik
khususnya adalah, Agus menampilkan video yang memang dibutuhkan masyarakat
dengan tampilan konten yang menarik dan mudah dimengerti. Saat ini yang paling
banyak ditonton adalah tentang cara cepat berhitung pembagian, trik perkalian
cepat, dan berhitung cepat FPB KPK APiQ.
Agus pun senang dengan tanggapan masyarakat. Ini menunjukkan
bahwa internet dapat dimanfaatkan untuk kepentingan positif semisal belajar
matematika bersama Paman APiQ. Masyarakat juga bisa langsung berkonsultasi
melalui media Youtube Paman APiQ dengan menuliskan komentar di bawahnya. Dan
bagi yang ingin lebih mendalam konsultasi dapat bergabung dengan komunitas APiQ
di www.APiQQuantum.com dan
melalui media sosial seperti www.facebook/paman.APiQ, Line, Twitter,
WhatsApp, dan lain-lain.
Paman APiQ pun sudah berhasil meraih beberapa prestasi. Antara
lain mendapat kehormatan dengan diundang oleh Youtube Indonesia (Google
Indonesia) untuk menjadi narasumber di seminar pendidikan nasional melalui
Youtube. Paman APiQ sendiri dinilai oleh Youtube Indonesia sebagai saluran pendidikan
Indonesia yang prospektif. Demikian juga wordpress.com memberikan beberapa
penghargaan kepada APiQ. Sementara secara bisnis, franchise APiQ
memenangkan seleksi wirausaha franchise untuk masuk kategori
waralaba nasional. Sedangka siswa APiQ sendiri banyak yang berprestasi di
sekolah sampai tingkat Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan
bahkan internasional dalam ajang kompetisi Olimpiade Matematika.
Sampai saat ini, Agus masih fokus pada usaha kursus matematika
kreatif APiQ yang ia dukung dengan inovasi pada teknologi multimedia. APiQ
telah mengembangkan sistem belajar matematika online melalui www.APiQQuantum.com.
APiQ juga menawarkan beragam aplikasi di Android baik berupa game matematika
atau buku-buku matematika dengan cara belajar yang asyik dan kreatif. Dan
sekarang APiQ juga mengembangkan sistem franchise atau
waralaba, yang merupakan sistem usaha paling efektif saat ini. Adapun, kendala
yang masih Agus hadapi adalah karena usaha pendidikan sebagaimana usaha umumnya
memerlukan disiplin dan konsistensi tingkat tinggi. Namun kendala ini dapat
diatasi dengan memperkuat konsistensi tim dan berpartisipasi aktif dengan
pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh APiQ Pusat. Selain tetap fokus pada
APiQ, Agus juga memiliki kesibukan tambahan sebagai narasumber di berbagai
seminar serta menulis. Agus juga memiliki hobi bulutangkis dan renang, dan ia
selalu berusaha menyediakan waktu khusus untuk hobi olahraga tersebut rutin
setiap pekannya.
Agus berpendapat, kita memang perlu konsisten untuk membangun
negeri tercinta ini sesuai kapasitas masing-masing. Dan barangkali, ia memang
sengaja memilih jalur pendidikan matematika untuk berkontribusi memajukan
negeri. Memang berat rasanya, tapi sepanjang proses itu disyukuri, maka rasa
berat itu menjadi lebih ringan. Dan Agus beruntung memiliki keluarga yang
mendukung perjuangannya untuk berkontribusi melalui pendidikan matematika. Pun
secara finansial, ia juga masih dapat menyesuaikan berbagai macam hal kebutuhan
untuk keluarganya, meskipun bila orang membandingkan dengan kerja di perusahaan
besar, tentu akan berbeda nilainya. Agus adalah lulusan dari perguruan tinggi
terbaik di Indonesia, yaitu ITB. Dan ia juga lulus dari salah satu jurusan
terbaik yaitu Teknik Elektro ITB. Maka sebetulnya ia sangat berpeluang untuk
bekerja di perusahaan besar nasional atau internasional. Tetapi ia lebih
memilih mengabdi melalui dunia pendidikan untuk negeri tercinta ini. Sampai
saat ini, Agus dan keluarganya masih tetap hidup sederhana. Bahkan bila
seandainya ada fasilias berlimpah pun Agus tetap ingin mengajari keluarganya
untuk hidup sederhana, lebih banyak membantu sesama, dan memilih hidup yang
penuh makna. Dan Agus juga sangat bersyukur mendapatkan tanggapan yang positif
dari keluarga besarnya.
Dari Tanya jawab dengan para peserta , Paman Apiq memberi jawaban sangat menarik. Simaklah !
2.Cara meningkatkan kualitas video
dengan persiapan dan editing.
Temukan cara
memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.
Temukan irama
yang konsisten untuk memproduksi konten positif..Gali lebih dalam analytic Anda
dan perhatikan trending serta analytic canel lain.Buat video lagi sesuai
analytic.Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.
3.Agar banyak nonton maka riset kata
kunci di youtube juga bisa.Misal ketik "matematika" maka yang muncuk
konten apa aja. Kita buat konten yang sesuai Misal ini, karena banyak yang cari
kata kunci jarimatika maka buatkan video jarimatika.Ditonton sebanyak 1,9 jt
kali.Misal ini, karena banyak yang cari kata kunci jarimatika maka buatkan
video jarimatika.Ditonton sebanyak 1,9 jt kali.
4.Triknya bikin konten yang menarik yang sedang
dicari banyak orang.Misal sekarang orang pingin tahu kapan tanggal idul fitri? Hisab
hitungannya bagaimana? Maka sy buatkan video hitungan idul fitri ini. Dalam 1
hari ditonton 19 000 kali.
5.Ada banyak aplikasi gratis antara lain
(1) Polaris u papan digital ( 2) Mobizen u rekam layar dan suara Bila perlu
tambahan, ( 3) Canva desain gambar ( 4) Inshot edit video.Semua cukup dari hp.
6.Kita mengira bahwa edit video adalah
hal paling penting. Sebenarnya tidak. Kita hanya perlu mengedit video sampai
cukup bagus. Tidak perlu maksimal. Cukup optimal.Dulu saya edit video pakai
camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih
praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video
saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan
mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa
editing.Makin mahir seorang youtuber maka ia akan efisien dalam editing. Bahkan
saya sendiri berusaha untuk menghindari edit video. Caranya?
7.Tingkatkan kualitas video dengan
persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung
bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah
bagus dan optimal.
Lupakan
editing. Matangkan persiapan.
8. Persiapan yang paling
penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan
animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube.
Sukses!
9.Meningkatkan kualitas konten
video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan
respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih
baik dari itu.
10.Konten
matematika para penonton lebih suka cara-cara yang mudah – bukan cara yang
hebat dan sulit. Maka saya buat video dengan konten matematika cara mudah.
Sukses.
11.Penonton ingin berkomentar tapi
bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang
berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu
sekaligus menulis komen.
12. Cara murah dan efisien
memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan
mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Maka temukan.
13.Untuk memproduksi satu video
durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu
merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya
biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
14.Irama produksi video menjadikan
youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus
bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi
besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi
video khas Anda sendiri. Irama produksi menunjukkan
keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya
saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya
kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu
kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di
hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan.
Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
15.Dalami analytic sedalam samudra
Atlantic. Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja
video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling
trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling
dicari oleh penonton? Analytic memberi data yang lebih dari cukup
– meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan
kreativitas tanpa batas.
16.Video baru lebih sukses video
lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih
sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang.
Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan
orang. Apakah media lain bisa begitu?
17.Dari analytic penonton suka
dengan matematika yang mudah maka saya buatkan video cara mudah perkalian yang
sukses ditonton lebih dari 3 juta view.Penonton saya berminat dengan tema
jarimatika. Maka saya buatkan video Super Jarimatika yang sudah ditonton 1,7
juta view.
18.Tahun 2019 adalah tahun pemilu.
Banyak orang perlu tahu bagaimana cara quick count. Maka saya buatkan video
tentang quick count yang sudah ditonton jutaan kali hanya dalam 2 hari dan
sempat masuk trending youtube.
19.Akhirnya, mengapa jadi youtuber?
Untuk memberi dampak positif. Kecil atau besar yang penting berdampak positif.
Saat kita fokus memberi dampak positif maka wajar saja bila diri kita terdampak
positif juga. Ayo jadi youtuber positif. Raih sukses dan bahagia bersama-sama.
Bagaimana
menurut Anda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar