BELAJAR
MENULIS GELOMBANG 10
Pertemuan :
Senin, 18Mei 2020
Waktu : 13.00 – 15.00
Pemateri :
Wijaya Kusumah / Omjay
Tema :
Menciptakan Pola Pembelajaran yang Efektif dari Rumah
Peresume :
Sri Budi Handayani
Sribudihandayani.blogspot,com
Saat belajar di rumahbaik siswa maupun guru
harus senang.Pembelajaran di rumah bisa berlangsung jika akses internet lancar.
Ada empat istilah yang perlu dijabarkan yaitu pola, menciptakan, pembelajaran,
efektif dan rumah.
Pola menurut KBBI adalah suatu sistem
kerja atau cara kerja sesuatu, sedangkat menurut antropologi pola adalah rangkaian unsur-unsuryang
sudah mantap mengenai suatu gejala dan dapat dipakai sebagai contohdalam
menggambar atau untuk mendeskripsikan gejala itu sendiri.
Menciptakan adalah membuat suatu yang
baru dari yang belum ada sampai ada dari sesuatu yang benr-benar tercipta
karena kondisi yang dibuat oleh guru itu sendiri sesuai dengan tekonologi yang
ada.
Efektif bisa diartikan sebagai suatu
yang dapat mencapai tujuan maksimal yang diharapkan . Pengertian efektif adalah
suatu usaha yang dilakukan tak kenal lelah sebelum harapan yang dinginkan belum tercapai.
Rumah adalah salah satu bangunan tempat
tinggal dalamj angka waktu tertentu. Rumah yang nyaman dapat memberikan
kenyamanan bagi yang menempati rumah tersebut. Ada ungkapan yang menyatakan
rumahku surgaku
Berdasarkan
definisi-definisi di atas pola belajar efektif dari rumah dapat diartikan
sebagai suatu susunan kegiatan yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan tingkah laku yang maksimal dari suatu tempat
yang nyaman agar dihasilkan sesuai yang
diharapkan . Pembelajaran harus menyenangkan semua.
Dengan
demikian siswa yang melakukan polabelajar yang efektif dari rumah dapat membuat
rencana kegiatan belajar dengan membuat perencanaan , penjadwalanyang
berlangsung terus-menerus di dalam rumah. Jadwal ini harus diikuti secara konsisten,disiplin
, dan terjadwal.Rumah sebagai tempat tinggal dapat dijadikan sarana belajar
yang membuat nyaman bagi siswa. Penjadwalan dapat dijadikan patokan untuk
melakukan kegiatan belajar di antaranya dengan membuat jadwal dari bangun tidur
sampai tidur lagi.
Kalau
anak-anak sudah terbiasa membuat jadwal pembelajaran dari rumah seperti halnya home scholling maka mereka
dilatih untuk mandiri mencoba mencari pengetahuan sendiri dari internet, tentu
dibutuhkan pendamping dalam hal ini orang
tua yang selalu mengawasi anak-anaknya
di rumah dan guru memalajar menjadi menyenangkan.ntau dari rumah
masing-masing dengan menhubungi orang Tanya melalui wa grup,
Guru dan
orangtua bisa bekerja sama dalam membuat jadwal yang disesuaikan dengan selera siswa yang penting konsisten. Siswa akan terbiasa dengan
pola yang sudah terjadwal.Perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan yang diharapkan.
Inilahyang disebut dengan belajar. Rumah dapat dirancang sedekian rupa agar
siswa merasa nyaman . bisa dilakukan selonjoran atau ada meja yang dikhususkan
belajar. Hal ini yang membuat suasan pembelajaran menjadi menyenangkan..Siswa
merasa nyaman tetap belajar dari rumah.
Dengan
terbiasa melakukan pembelajaran yang terjadwal , siswa yang biasa menggunakan
jadwal dia harus melaksanakan hari ini sehingga
perbedaa sehingga siswa patokan hari ini melaksankan susuatu yang berarti , siswa
yang tidak malakukanpenjdwalan akan
kurang Perubahan tingkah laku dari pembelajarn. Hal ini diperoleh hasil
penilaian yang dilakukan guru itu .Oleh Karen aitu peserta didik harus terbiasa
dengan kegiatan rutin hariannya yang terpola aar efektif dalam belajar siswa harus terbiasa membaca
buku referensi. Hal ini untuk menmbah pengetahuan tambahan
Menciptakan pola belajar efektif dari rumah harus direncanaan oleh guru
dari rumah. Anak-anak harus didiplin..Efektifatas belajar anak-anak harus konsisten
disiplin menepati jadwalnya .siswa
yang terbiasa degan penjadwalan di rumah
akan mengalami perubahan tingkah laku .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar